Senin, 01 Juli 2013

Before playing.......

For little kids

          Bagi anda yang memiliki anak kecil (3-10 tahun) yang ingin bermain piano, kanali dampak positif dan negatifnya dengan baik. Walaupun piano sangat baik untuk latihan fokus dan perkembangan anak, ada beberapa bahaya yang muncul dari latihan yang salah dan berlebihan.
          1.  Pakai bantal untuk duduknya dan kursi kecil di bawah kaki anak agar posisi badan pas dan tak menimbulkan gangguan pada sendi dan tulang si kecil.
          2. Jangan paksa si kecil terus menerus latihan selama lebih dari 1 jam di bulan-bulan pertama, tangan masih belum terbiasa dan masih rapuh.
         Potong kukunya, kuku yang panjang dapat tersangkut di sela-sela tuts piano yang kecil. Dalam situasi ekstrim dapat secara tidak sengaja mematahkan kuku.

 
why?
1. kursi piano didesain untuk orang dewasa, maka bantal dan kursi diperlukan.
2. latihan 1 jam maksudnya bila secara terus menerus dan tanpa istirahat demi si kecil cepat bisa main.
Jangan buat anak merasa terpaksa untuk bermain!!

         Walaupun sakit dari fisiknya hilang, namun dapat menyebabkan trauma si kecil terhadap piano. So, beware, and most of all, do a background check on the teacher. Banyak guru yang tidak berpengalaman mengajar anak kecil malah menjadikan si kecil malas bermain.
           Parahnya, basic tidak diajarkan dengan benar sehingga terbawa sampai level atas yang tidak mentolerir kesalahan teknik, anak harus memperbaiki teknik bermainnya lagi.

For teens

                  Jangan takut untuk mulai bermain piano. Bila tak suka klasik, bisa menyasar ke jazz, rock, pop. Sudah banyak sekolah musik dan guru piano yang harganya terjangkau di kantong.
                  Cari referensi dari teman yang memang bisa main, dari google, atau cari di lingkungan sekitar rumah. Kecepatan belajar remaja dan anak kecil sangat berbeda, karena tingkat penyerapan ilmu remaja tentu lebih cepat. Yang penting tekun berlatih, pelajari teori musik dengan sungguh-sungguh, jangan asal main, maka bermain piano jadi gampang.
                 Teknik yang baik sangat berpengaruh dalam kemampuan bermain piano. Bila teknik jelek satu lagu bisa lama dipelajari, dan orang lain yang bisa main piano pasti tidak akan terkesan.
                Bagi yang sudah jago main piano, cobalah sebarkan ilmu yang kau punya, cari pengalaman!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar